4 Ramuan Alami untuk Samarkan Flek Wajah

img

Jakarta – Noda atau flek kecokelatan (freckles) pada wajah dan kulit bisa mengganggu penampilan bagi sebagian orang. Flek kecokelatan biasanya timbul akibat terpapar sinar matahari karena tidak menggunakan tabir surya, kosmetik yang mengandung bahan kimia berbahaya, gaya hidup tidak sehat dan bawaan gen sejak lahir.

Untuk flek yang terbentuk karena bawaan gen, mungkin agak sulit atau tidak bisa dihilangkan (biasanya banyak terjadi pada ras kaukasian). Tapi untuk flek yang muncul karena faktor di luar itu, empat ramuan alami berikut ini mungkin bisa menghilangkan atau menyamarkannya. Ini dia caranya, seperti dikutip dari becomegorgeous.
1. Jus Lemon

Jus lemon mengandung zat asam yang bisa berfungsi sebagai bahan ‘bleaching’ alami. Karenanya, jika digunakan secara rutin, jus lemon bisa digunakan merawat kulit bernoda dan mencerahkan kulit. Selain itu, lemon juga mengandung vitamin C yang mampu melawan radikal bebas serta bakteri penyebab jerawat.

Peras satu buah lemon, celupkan kapas ke dalam jus dan usapkan ke seluruh wajah. Diamkan sekitar 20 menit, lalu bilas dengan air. Oleskan krim pelembab setelahnya dan hindari terkena paparan sinar matahari langsung.

2. Krim Asam

‘Sour cream’ atau krim asam mengandung lactic acid yang berfungsi sebagai pengelupas ringan dan mencerahkan kulit tanpa menimbulkan iritasi. Anda bisa membeli krim asam yang sudah jadi di supermarket, atau beli krim asam instan yang dikocok. Oleskan lapisan tebal krim asam pada area wajah yang terkena noda atau flek, dan diamkan sekitar 30 menit, lalu bersihkan menggunakan tisue atau handuk basah. Setelah itu aplikasikan krim/lotion pelembab.

3. Kunyit

Selain menyedapkan masakan, kunyit juga bermanfaat mencerahkan kulit dan menyamarkan noda/flek cokelat. Campurkan bubuk kunyit dengan yoghurt dan tepung, aduk rata, lalu terapkan pada wajah. Biarkan selama 30 menit, kemudian bersihkan dengan handuk hangat. Jangan lupa oleskan pelembab setelahnya.

4. Madu
Madu berkhasiat untuk merawat hampir semua jenis kulit yang bermasalah, termasuk kulit bernoda. Campuran madu dan anggur merah yang sudah dihaluskan, mungkin bisa mengurangi tampilan noda kecokelatan pada kulit jika digunakan secara teratur, minimal satu kali seminggu.

 

Sumber1

Sumber2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: