4 Hal Wajib Dibawa ke Daerah Beriklim Panas

img

Jakarta – Sejumlah negara di Afrika dan Timur Tengah memiliki sejuta pemandangan indah dan eksotis. Namun, negara-negara tersebut juga memiliki daerah yang sebagian besar beriklim panas yang esktrim.
Ada dua tipe cuaca panas, udara panas kering dan udara panas lembab. Di udara bersuhu panas yang kering, Anda bisa beristirahat di tempat yang agak teduh. Namun di cuaca dengan panas yang lembab, panas seakan mengikuti kemana Anda pergi.
Jika Anda berencana berpergian ke daerah-daerah tersebut, ada beberapa hal yang penting Anda siapkan. Salah satunya barang-barang apa saja yang sebaiknya dibawa agar cuaca yang terik dan panas tidak mengganggu aktivitas liburan Anda di sana.
Seperti dikutip dari Helium, berikut ini beberapa tips berkemas untuk berpergian ke daerah bercuaca panas:

1. Baju Warna Cerah
Isi koper Anda dengan pakaian berwarna terang dan cerah. Baju-baju berwarna gelap seperti hitam, cokelat tua atau biru navy punya efek menyerap panas sehingga bisa meningkatkan suhu tubuh dan Anda akan semakin merasa kepanasan. Bawa beberapa pakaian berbahan katun, celana warna khaki dan topi. Sediakan juga flip flop dan kacamata hitam.

2. Pelindung Kulit
Cuaca panas yang ekstrim mengharuskan Anda selalu memakai pelindung kulit, yaitu sunblock. Sebaiknya pakai sunblock dengan SPF minimal 24 atau lebih. Oleskan secara berulang tiap 2-3 jam sekali, meskipun cuaca sedang mendung. Pakai juga lip balm dengan kandungan SPF minimal 15. Kulit bibir yang sangat tipis lebih berisiko kering dan pecah-pecah di udara panas.

3. Makanan Ringan
Iklim yang panas membuat tubuh mengeluarkan banyak keringat, sehingga energi pun terkuras. Sediakan selalu makanan ringan yang bisa Anda makan kapanpun dan di manapun. Makanan bisa berupa biskuit atau cookie. Apel dan pisang juga baik sebagai asupan karbohidrat.

4. Selalu Sedia Air
Bawa persediaan air dan minuman isotonik yang cukup agar tubuh tidak dehidrasi selama perjalanan. Sediakan juga handuk kecil, basahkan dengan air dingin dan gunakan untuk mengelap wajah, leher dan tangan jika tubuh merasakan panas.

 

Sumber1

Sumber2

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: