Awas, Virus Trojan Hantui Android Market!

virus-trojan-androidOS Android Google kini terancam terkena malfungsi virus. LookOut, developer keamanan aplikasi menemukan bahwa jenis virus Trojan ini dapat menginfeksi handset pengguna Android melalui proses transfer data saat mendownload aplikasi. Menyeramkan!

Trojan jenis baru ini disebut Geinimi. Uniknya, penyebarannya hanya melalui perangkat-perangkat berbasis Android! Saat handset sudah terinfeksi, resiko terbesarnya adalah virus ini akan mengontrol sistem operasi handset secara langsung.

Trojan jenis ini mulai muncul di Cina yang kemudian menyebar secara pop up tertampil dalam bentuk samaran berbasis aplikasi Android pihak ketiga di Android Market, sehingga sangat mudah bagi user untuk mendownloadnya.

Geinimi menyamarkan virusnya dalam bentuk aplikasi game yang dipostingkan online-online store aplikasi berbasis di Cina, misalnya Monkey Jump 2, Sex Positions, President vs.Aliens, City Defense and Baseball Superstars 2010.

Rumor yang telah merebak menyebutkan bahwa virus ini akan mengkorupsi data pribadi pengguna, dan secara otomatis akan membuka aplikasi baru yang sebenarnya adalah Geinimi. Virus dalam rupa aplikasi ini kemudian akan mulai mengumpulkan data-data personal handset. Mulai dari koordinat logaksi, data nomor IMEI, dan SIMCard.

Setelah itu, virus ini akan meremote sistem operasi dan menghubungkan koneksi internetnya ke situs-situs dengan domain semacam ini: http://www.widifu.com, http://www.udaore.com, http://www.frijd.com, http://www.islplast.com dan http://www.piajesj.com.

Jika koneksi jaringan ini berhasil, maka secara otomatis Geinimi akan mentransmisikan informasi-informasi handset ke servernya. Sekali koneksi terhubung, maka virus ini akan mengarahkan pengguna untuk mendownload dan menginstal aplikasi samaran lainnya. Dan tentunya tanpa disadari sebenarnya pengguna sudah dikontrol oleh virus ini.

Untuk pencegahan agar Android tidak terkena virus ini, adalah dengan memilih aplikasi di Android Market secara lebih selektif. Saya menyarankan agar Anda mendownload aplikasi resmi dari Android Marketplace. Jika masih tetap ingin menggunakan aplikasi dari pihak ketiga, pastikan Anda membaca detail informasi publishernya, mengecek ratingnya, cek keamanannya di Google sebelum memutuskan untuk mendownload dan menginstalnya.

 

 

Sumber1

Sumber2

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: