Konversi dan Manajemen berbagai format E-book dengan Calibre

Dengan mulai meluasnya peredaran berbagai perangkat elektronik, khususnya pembaca ebook ( ebook reader), ebook yang biasanya berformat PDF kini terdapat puluhan format ebook yang berbeda. Masing-masing perangkat kadang hanya bisa membaca format ebook tertentu. Bagaimana jika kita hanya punya ebook dalam format PDF dan ingin di konversi ke forma lain ? Kita bisa menggunakan software gratis, Calibre.

Calibre tidak hanya gratis (free), tetapi juga open source. Konversi berbagai format ebook hanya merupakan salah satu fitur yang disertakannya. Calibre memberikan berbagai fitur termasuk Manajemen Koleksi ebook yang kita miliki, sinkronisasi ebook dengan ebook reader, download berita dari website dan dijadikan ebook, pembuka berbagai format ebook dan lainnya.

Kali ini kita akan sedikit membahas tentang konversi berbagai format Ebook. Jika kita hanya punya satu format ebook, misalnya PDF, dan ingin membaca ebook di perangkat lainnya, maka Calibre merupakan software yang cocok untuk melakukan hal ini.

Format yang didukung

Untuk masukan file (Input), format file yang didukung yaitu : CBZ, CBR, CBC, CHM, EPUB, FB2, HTML, LIT, LRF, MOBI, ODT, PDF, PRC**, PDB, PML, RB, RTF, SNB, TCR, TXT.

Selanjutnya untuk keluaran atau hasil konversi ebook (Output) adalah : EPUB, FB2, OEB, LIT, LRF, MOBI, PDB, PML, RB, PDF, SNB, TCR, TXT

Melihat format-format diatas, format dokumen doc tidak terlihat. Hal ini karena format doc dinilai kurang (tidak) konsisten dengan spesifikasi formatnya sendiri. Sehingga jika kita punya dokumen dalam format doc, sebaiknya disimpan (export) dalam format PDF terlebih dahulu atau disimpan dalam format RTF, baru kemudian di konversi ke format ebook lainnya.

Penggunaan

Untuk menggunakan Calibre, setelah di download dan di install, maka setelah dijalankan pertama kali, Calibre akan menanyakan lokasi (folder) untuk menempatkan ebook yang kita masukkan. Tampilan Calibre halaman utama seperti berikut:

Setelah Calibre dijalankan, maka kita bisa langsung menambahkan ebook-ebook ke dalamnya ( melalui Icon Add books ). Selanjutnya Calibre akan mengatur dan menampilkan ebook, bisa berdasarkan format filenya (ebook), penulisnya, seri, penerbit, rating dan lainnya.

Beberapa fungsi yang bisa didapatkan baik melalui menu di Icon program atau klik kanan dari daftar ebook, antara lain :

  • Mengubah (edit) metadata. Untuk mengubah informasi internal tentang ebook, misalnya: Penulis, judul, tags, penerbit, cover buku, ISBN memberikan komentar dan lainnya
  • Konversi Format Ebook, baik konversi ebook yang dipilih (melalui menu Convert Individually) atau langsung banyak ebook (Bulk convert).
  • Membuka langsung ebook yang ada. Jika kita mendapatkan format ebook yang tidak bisa dibuka, maka bisa kita coba masukkan ke Calibre dan lihat/baca melalui menu View.
  • Membagi ebook (share)
  • mendapatkan berita dari website tertentu (menu Fetch news)
  • Menyimpan ebook format tertentu ke folder/disk

Calibre bisa didapatkan dari halaman Download website http://calibre-ebook.com. Tersedia untuk Windows (ukuran 37 MB), Mac dan Linux.

 

 

Sumber1

Sumber2


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: