Fenomena Hujan Es Akan Guyur Jawa Tengah

Stasiun Meteorologi Cilacap memprakirakan fenomena hujan es dan angin puting beliung akan terjadi di wilayah Jawa Tengah bagian selatan.

Hal tersebut diungkapkan analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap, Teguh Wardoyo. Teguh mengatakan bahwa sampai dengan saat ini, suhu udara masih cukup tinggi sehingga penguapan bisa saja menjadi tinggi. Dengan demikian, awan Cumulunimbus (Cb) yang terbentuk menjadi sangat banyak dan semakin menjulang tinggi. Dan pada kristal es yang terbentuk di bagian puncak awan Cb akhirnya jatuh akibat angin dari daerah tekanan udara rendah di permukaan bumi menuju daerah tekanan tinggi di bagian atas.

Oleh karena itu, Kristal-kristal es yang jatuh tersebut (seharusnya menjadi air hujan jika terjadi gesekan yang cukup tinggi dengan angin), akan jatuh ke bumi dalam bentuk potongan kecil seperti es batu. Fenomena hujan es tidak dapat diprediksikan termasuk tidak bisa terpantau oleh pencitraan satelit.

Begitu pulang dengan kan adanya angin puting beliung yang bersifat lokal, disebabkan oleh pengaruh daerah pusat tekanan rendah dan badai. Sama dengan hujan es, angin puting beliung ini juga di sebabkan oleh awan Cumulunimbus (Cb).

Kemarin (Selasa, 25/1/11) sekitar pukul 14.00 WIB, Desa Salebu, Kecamatan Majenang, Kabupaten Cilacap, pada Selasa (25/1), diguyur hujan es. Menurut seorang warga Desa Salebu, Oos (40), hujan es tersebut berlangsung selama 15 menit. Butirannya sebesar ujung jari tangan.

 

 

Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/opinion/2107518-fenomena-hujan-es-akan-guyur/ dan http://gugling.com/fenomena-hujan-es-akan-guyur-jawa-tengah.html

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: