Siluman Yang Gemparkan Cirebon Ternyata Palsu

berita2.com (Cirebon): Ada-ada saja, untuk mendapatkan uang dan ketenaran, AJ (26) berani melakukan pembohongan publik kepada para pengunjung. Tak heran usaha AJ pun terbilang sukses, dimana dalam hitungan hari, warga berduyun duyun berdatangan untuk menyaksikan dan mengambil gambar mahluk berbentuk aneh berwarna hitam, berbulu, berambut panjang, memiliki dua tangan berkuku tajam, wajah mirip kera, bergigi putih tajam, memiliki taring dan berekor seperti biawak yang belakangan diketahui palsu.

AJ pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka oleh Polres Cirebon, setelah ulahnya terbongkar. AJ adalah paranormal tuna wicara yang diduga telah merekayasa temuan “buncul” (siluman air) di Sungai Soka, Desa Pamijahan, Kec. Plumbon, Kab. Cirebon yang sebelumnya sempat menghebohkan masyarakat di Cirebon dan sekitarnya. Dan sedikitnya petugas telah memeriksa sepuluh warga Desa Pamijahan yang turut serta menjadi panitia dipamerkannya “buncul” yang belakangan diketahui palsu.

Berdasarkan keterangan dari mereka petugas menetapkan AJ sebagai tersangka. Selain menahan AJ, petugas juga menyita barang bukti berupa “buncul” palsu yang ternyata terbuat dari tanah liat dan campuran semen serta bahan lainnya yang dibungkus pakai kain sarung kotak-kotak bewarna hijau, atribut panitia, sejumlah karcis parkir dan tanda masuk serta uang tunai senilai Rp 2.655.000 yang dikutip dari pengunjung.

“Ketika ada masyarakat yang curiga, kita melakukan penyelidikan dan ternyata benda tersebut bukan ‘buncul’ asli, tetapi hanya seperti patung terbuat dari tanah liat dan semen yang dihiasi rambut, sisik dan lainnya hingga pengunjung bisa dikelabui,” kata Kapolres Cirebon, Ajun Komisaris Besar Edi Mardianto didampingi Waka Polres Komisaris Subiantoro dan Kasat Reskrim Ajun Komisaris Johansen Ciantury di Mapolres, Rabu 19 Januari 2011.

Menurut Edi, pelaku sebetulnya tidak mencari sensasi tapi hanya mencari keuntungan. Melalui pungutan dari parkir dan tanda masuk yang dikutip antara Rp 1.000 hingga Rp 2.000. Pelaku juga telah mengakui kalau benda tersebut sebenarnya telah dikubur dalam pasir di sungai sejak 10 Januari lalu.

Dengan berpura-pura melakukan ritual dan memberitahu beberapa temannya, AJ menggali dan seolah-olah menangkap makhluk gaib yang oleh masyarakat setempat dikenal siluman “buncul” tersebut.

“Awalnya kita memeriksa 10 orang. Dalam waktu dua puluh empat jam kita selesaikan yang akhirnya menetapkan AJ sebagai tersangka, dia dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan,” kata Edi. Kapolres berharap, dengan terungkapnya pemalsuan tersebut masyarakat tidak mudah untuk terbujuk hal-hal yang kemudian pihak lain memanfaatkannya.

 

Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/opinion/2103803-siluman-yang-gemparkan-cirebon-ternyata/ dan berita2.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: