4 Tips Cegah Penuaan Pada Kulit Tangan

imgBanyak wanita hanya melakukan perawatan anti penuaan untuk wajah. Padahal, ada bagian tubuh lain yang tak kalah penting. Seperti halnya wajah, tangan juga bagian tubuh yang paling cepat menunjukkan tanda-tanda penuaan.

Tangan paling sering terekspos sinar matahari secara terus menerus. Kulit tangan kita juga lebih tipis dibandingkan kulit muka, sehingga tanda penuaan lebih cepat terlihat.

Karena itu, penting untuk merawat kulit tangan sejak dini, agar terjaga kelembapan dan kehalusannya, serta nampak muda lebih lama. Berikut ini tips perawatannya, seperti dikutip dari sheknows.

Pengelupasan

Lakukan pengelupasan kulit pada punggung dan telapak tangan minimal dua minggu sekali, untuk menghilangkan sel kulit mati dan merangsang tumbuhnya sel kulit baru yang lebih segar dan bercahaya. Anda bisa menggunakan scrub untuk tubuh, atau buat scrub sendiri dengan campuran satu sendok teh gula dan minyak kelapa.

Jika kurang suka dengan tekstur yang berminyak, bisa gunakan jus lemon segar yang digosokkan pada tangan, diamkan beberapa menit, lalu bilas. Kandungan citric acid-nya berfungsi sebagai bahan pengelupas yang lembut.

Oleskan Pelembap dengan Kandungan SPF 15

Kita tahu, paparan sinar ultraviolet merusak kolagen, yang berfungsi membuat kulit terlihat kenyal. Jika kolagen rusak, akan timbul keriput dan kulit yang terlihat menipis (transparan). Kerusakan pada kolagen bisa dicegah dengan mengoleskan krim/ lotion, dengan kandungan minimal SPF 15 setiap hari. Penting untuk mengoleskannya secara berulang, setiap dua jam sekali.

Hindari Deterjen dan Sabun yang Keras

Selalu gunakan sarung tangan saat mencuci baju, piring, mengepel, atau saat melakukan aktifitas yang banyak bersentuhan dengan air. Sebelum memakai sarung tangan, oleskan tangan dengan krim pelembap atau minyak zaitun.

Gunakan Produk Perawatan Wajah untuk Tangan Juga

Anda bisa menggunakan produk perawatan untuk wajah pada tangan. Misalnya, Anda bisa oleskan serum anti oksidan pada wajah dan tangan di malam hari sebelum tidur dan siang hari sebelum memakai SPF. Anda pun boleh menggunakan masker yang sama untuk wajah dan tangan.

Selain tangan, kuku juga jadi bagian tak kalah penting untuk dirawat. Bagaimana langkah-langkah perawatannya? Simak tips berikut ini:

 

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/family/2101377-tips-cegah-penuaan-pada-kulit/ dan wolipop.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: