Berbagai Manfaat Wortel Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Sayuran yang satu ini rasanya manis dan ketika digigit rasanya renyah. Selain kandungan vitamin A, ternyata wortel bermanfaat bagi kesehatan. Banyak mengonsumsi wortel mentah dapat mengurangi lendir pada penderita pilek , bronkitis , dan asma. Juga membantu mengatasi gangguan pencernaan seperti sembelit, sakit kram perut, diare, dan wasir.

Jus wortel yang diminum secara rutin bisa menghancurkan batu ginjal , juga mengurangi asam urat dan radang hati.Kompresan wortel parut dapat menyembuhkan luka bernanah, luka teriris dan bisul. Selain itu wortel parut ditambah dengan madu juga bisa dijadikan masker wajah yang berguna untuk melembutkan kulit.

Di antara jenis sayuran lainnya, wortel termasuk jenis sayuran yang paling digemari. Citarasanya manis dan teksturnya renyah. Cocok sekali dijadikan camilan yang menyehatkan. Jika Anda tak doyan sayuran kesukaan kelinci ini, Anda termasuk kelompok yang merugi. Sebab, Anda banyak kehilangan manfaat yang diberikan wortel bagi kesehatan.

Berikut adalah sederet manfaat wortel yang perlu Anda ketahui. Siapa tahu ada resep yang Anda butuhkan.

Mengatasi hipertensi:
Ambil 500 gr wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air wortel ini 3 kali dalam sehari.

Mengatasi demam pada anak:
Ambil 200 gr wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

Mengatasi luka bakar:
Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

Menyembuhkan batuk:
Ambil sebatang wortel lalu bersihkan dan parut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula aren, aduk sampai rata. Minum 2 kali dalam sehari.

Mengatasi nyeri haid:
250 gr wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu lender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya 2 kali dalam sehari.

Mengatasi sembelit:
Ambil 2 wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan 2 sdm air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya 2 kali sehari.

Menghaluskan wajah:
Ambil 2 – 3 wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

 

Sumber: http://id.shvoong.com/lifestyle/fashion-and-beauty/2089130-berbagai-manfaat-wortel-untuk-kesehatan/

http://www.adipedia.com/berbagai-manfaat-wortel-untuk-kesehatan-dan-kecantikan/

 


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: