Para Hackers Pro-WikiLeaks Sulit Dikejar

Para Hackers Pro-WikiLeaks Sulit DikejarTRIBUNNEWS.COM – Upaya hukum yang akan dilakukan Amerika Serikat (AS) untuk menyeret para hacker pro-WikiLeaks yang menyerang sejumlah situs perusahaan tampaknya akan sulit. Demikian dilansir Reuters, Sabtu (18/12/2010).

Tim penyidik AS berupaya mencari sejumlah hacker pro-WikiLeaks yang melakukan serangan cyber di sejumlah situs seperti Visa, MasterCard, PayPal, dan beberapa perusahaan lainnya.

Jaksa Agung AS mengatakan pada pekan lalu jika ia sedang berusaha mencari pelakunya namun mengalami kesulitan untuk melakukan penyelidikan dan menjatuhkan hukuman kepada mereka.

Pada umumnya tim penyidik pemerintah federal akan menjerat si pelaku dengan menggunakan undang-undang Computer Fraud and Abuse Act di mana isinya melarang mentransmisikan program, informasi, kode, atau perintah yang secara sengaja merusak tanpa mendapatkan otorisasi.

Jika melanggar maka para pelaku akan mendapatkan hukuman penjara dan denda yang besar. Namun, untuk bisa menggunakan undang-undang itu maka hal pertama yang harus dilakukan AS adalah mencari tahu lokasi si penyerang dan membawanya ke AS untuk diadili.

Untuk kasus ini, sebuah kelompok aktivis internet yang bekerja di bawah nama Operation Payback mengaku bertanggung jawab atas serangan tersebut di mana mereka berhasil membuat situs itu tak bisa diakses setelah perusahaan tersebut memutuskan kerjasama dengan WikiLeaks usai mempublikasikan 250 ribu dokumen rahasia Departemen Luar Negeri (Deplu) AS.

Polisi menangkap dua remaja di Belanda pada pekan lalu dan sejumkah hacker lainnya diduga juga ikut terlibat.

 

Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/opinion/2088350-para-hackers-pro-wikileaks-sulit/

http://www.tribunnews.com/2010/12/18/para-hackers-pro-wikileaks-sulit-dikejar

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: