Ini dia 5 Penyebab Varises Dikaki , Hati-Hati Lho !

Guratan-guratan ungu akibat pelebaran pembuluh darah atau varises di kaki bisa menyebabkan nyeri dan pastinya akan mengganggu penampilan.Kondisi ini dipicu banyak hal, mulai dari keturunan hingga kurang olahraga.Rasa nyeri di sekitar pembuluh darah yang melebar terjadi karena pelebaran itu menyebabkan saraf-saraf di sekitarnya terdesak. Selain itu, vena yang melebar di bagian ekstremitas bawah (kaki) juga mengurangi kemampuan jantung untuk memompa darah kembali ke jantung. Berikut ini 5 penyebab varises pada kaki :
1. Keturunan.
Faktor tunggal yang paling menentukan terjadinya varises adalah genetik. Seseorang yang memiliki riwayat varises pada salah satu kerabat atau leluhurnya, besar kemungkinannya ia juga akan mengalami kondisi yang sama.
2. Kehamilan.
Peningkatan aliran darah selama kehamilan terjadi di hampir semua bagian, tak terkecuali kaki. Ditambah beban ekstra dari kandungan yang terus membesar, ibu-ibu sering mendapatkan varises saat hamil dan kadang tidak hilang meski sudah melahirkan.
3. Hormonal.
Faktor lain yang memicu terjadinya varises di kaki pada ibu hamil adalah perubahan hormonal selama mengandung. Faktor ini juga bisa memicu varises pada para remaja puber serta para wanita yang memasuki masa menopause atau menggunakan kontrasepsi hormonal.
4. Kurang bergerak.
Banyak pekerja kantoran yang mengalami varises karena tuntutan pekerjaan yang mengharuskannya duduk seharian. Faktor kurang gerak menyebabkan sirkulasi darah di kaki tidak lancar, memicu tekanan berlebih di sekitar kaki dan hasilnya pembuluh darah lama-lama akan melebar.
5. Terlalu banyak berdiri.
Kebalikan dari terlalu banyak duduk, seseorang yang terlalu banyak berdiri juga rentan mengalami varises. Dalam posisi berdiri, darah lebih banyak terkonsentrasi di kaki sehingga tekanannya di daerah itu meningkat. Jika terlalu lama, kondisi ini menyebabkan pembuluh darah melebar secara permanen.

Dokter Spesialis Bedah Vaskuler, Dr. Ary Mboeik, Sp.BTKV (K) BV mengatakan, varises terasa sakit karena di varises terkumpul darah venous yang banyak mengandung CO2 dan asam laktat (susu) yang menimbulkan nyeri dan kelelahan.

Jika varises belum begitu besar masih dapat dihilangkan dengan cara suntikan atau sclerosing. Stadium ringan biasanya dapat disembuhkan dengan obat-obatan atau dengan suntik sedangkan stadium lanjut membutuhkan operasi. Orang yang berisiko tinggi terkena varises adalah ibu hamil, juru masak, perawat, pelayan, penata rambut dan pekerjaan lain yang mengharuskan duduk atau berdiri lama.

 

Sumber: http://id.shvoong.com/medicine-and-health/medicine-history/2086349-ini-dia-penyebab-varises-dikaki/

http://uniqpost.com/11685/ini-dia-5-penyebab-varises-dikaki-hati-hati-lho/

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: