Serba-serbi Tentang Bayi / Anak Kembar

Bayi/anak kembar terkadang begitu mirip sehingga sulit untuk dibedakan. Apa penyebab terjadinya bayi kembar?. Awalnya proses terjadinya bayi dimulai dengan pertemuan hanya dua buah sel masing-masing milik wanita dan pria (ibu dan ayah). Sel tersebut bertemu dalam proses yang disebut proses pembuahan dan mulai berkembang dalam rahim wanita selama 9 bulan dan akhirnya lahir sebagai bayi.

Oleh karena sebab yang khusus, proses pembuahan dapat terjadi pada dua buah atau bahkan lebih sel milik wanita dalam satu rahim, sehinga dalam satu rahim dapat berkembang dua atau lebih bayi.

https://i2.wp.com/www.sripoku.com/foto/berita/2009/7/27/27-7-2009-utama2707ist.jpg

Dilihat dari asal usul zigot, dikenal dua jenis persalinan kembar: fraternal (dizigotik) dan identik (monozigotik). Kembar dizigotik adalah hal yang umum terjadi pada vertebrata. Kamu pernah dengar ada kembar lima khan? Ini disebut dengan kembar fraternal (dizygotic)., sementara kembar monozigotik merupakan hal yang jarang dijumpai. Manusia memiliki kemampuan ini. Armadillo bergaris-sembilan (Dacypus novemcinctus) jika melahirkan selalu memiliki kembar empat monozigotik.

Kembar dizigotik atau fraternal (DZ)

Kembar dizigotik (dikenal sebagai “kembar non-identik”) terjadi karena zigot-zigot yang terbentuk berasal dari sel telur yang berbeda. Terdapat lebih dari satu sel telur yang melekat pada dinding rahim yang terbuahi oleh sel-sel sperma pada saat yang bersamaan. Pada manusia, proses ovulasi kadang-kadang melepaskan lebih dari satu sel telur matang ke tuba fallopi yang apabila mereka terbuahi akan memunculkan lebih dari satu zigot.

Kembar dizigotik secara genetik tidak berbeda dari saudara biasa dan berkembang dalam amnion dan plasenta yang terpisah. Mereka dapat memiliki jenis kelamin yang berbeda atau sama.

Kajian juga menunjukkan bahwa bakat melahirkan kembar DZ diwariskan kepada keturunannya (bersifat genetik), namun hanya keturunan perempuan/betina yang mampu menunjukkannya (karena hanya perempuan/betina yang dapat mengatur pengeluaran sel telur).

Istilah kembar dampit diberikan bagi anak kembar dengan kelamin berbeda.

Kembar monozigotik atau identik (MZ)

Anak perempuan yang kembar monozigotik

Kembar monozigotik terjadi ketika sel telur tunggal terbuahi dan membentuk satu zigot (monozigotik). Dalam perkembangannya, zigot tersebut membelah menjadi embrio yang berbeda. Kedua embrio berkembang menjadi janin yang berbagi rahim yang sama. Tergantung dari tahapan pemisahan zigot, kembar identik dapat berbagi amnion yang sama (dikenal sebagai monoamniotik) atau berbeda amnion. Lebih jauh lagi, kembar identik bukan monoamniotik dapat berbagi plasenta yang sama (dikenal dengan monokorionik, monochorionic) atau tidak. Semua kembar monoamniotik pasti monokorionik. Berbagi amnion yang sama (atau amnion dan plasenta yang sama) dapat menyebabkan komplikasi dalam kehamilan. Contohnya, tali pusar dari kembar monoamniotik dapat terbelit sehingga mengurangi atau mengganggu penyaluran darah ke janin yang berkembang.

Kembar MZ selalu berkelamin sama dan secara genetik adalah sama (klon) kecuali bila terjadi mutasi pada perkembangan salah satu individu. Tingkat kemiripan kembar ini sangat tinggi, dengan perbedaan kadang-kadang terjadi berupa keserupaan cerminan. Perbedaan terjadi pada hal detail, seperti sidik jari. Bila individu beranjak dewasa, tingkat kemiripan biasanya berkurang karena pengalaman pribadi atau gaya hidup yang berbeda. Penelitian dari Fraga et al. (2005) mengungkap adanya pengaruh epigenetik dalam proses yang membedakan individu-individu yang kembar MZ, akibat berbedanya gen-gen yang diaktifkan.[2] Meskipun ada pengaruh kebiasaan atau pengalaman yang mempengaruhi perbedaan-perbedaan itu, ilmuwan beranggapan proses acak lebih banyak berperan dalam perbedaan-perbedaan yang terjadi. Penelitian dengan tikus bahkan menunjukkan adanya perbedaan aktivitas pada histon (terkait dengan epigenetik) dari empat sel pertama yang terbentuk.[3]

Hingga sekarang ilmuwan belum bersepakat mengenai adanya pengaruh genetik untuk kejadian kembar MZ. Tetapi diketahui terdapat beberapa tempat di dunia yang memiliki frekuensi kembar MZ yang lebih tinggi daripada tempat lainnya.
Untuk mengetahui apakah seseorang sedang hamil bayi kembar atau tidak yaitu dengan cara melakukan pemeriksaan rutin ke dokter, biasanya cara yang paling akurat dan aman adalah dengan menggunakan USG (Ultrasonografi).

Dunia moderen juga kini sudah bisa melakukan proses duplikasi atau proses penggandaan yang dikenal dengan KLONING, yaitu proses penggandaan yang dilakukan terhadap tumbuhan dan hewan sehingga menghasilkan mahluk yang kembar.

Jika Anda ingin mendapatkan anak kembar, di bawah ini adalah beberapa cara atau metode untuk memperbesar kesempatan anda mendapatkan anak kembar.

1. Ketahuilah bahwa sel telur, dibuahi yang terbagi dalam dua akan menciptakan kembar identik. Setiap sel telur akan berkembang menjadi individu, dan keduanya akan dikurung di dalam plasenta yang sama. Susunan genetik dari si kembar akan sama. kembar identik selalu baik baik laki-laki atau keduanya perempuan.

2. Ketahuilah bahwa kembar fraternal dibuat ketika wanita rilis dua telur yang baik mendapatkan dibuahi dan implan. Bayi ini berkembang akan masing-masing memiliki plasenta terpisah. Susunan genetik kembar ini akan berbeda, sama seperti jika mereka lahir pada waktu terpisah. Kembar fraternal dapat jenis kelamin yang sama, atau ada dapat menjadi salah satu jenis kelamin masing-masing.

3. Ambil suplemen makanan seperti akar singkong (sejenis ubi), produk susu dan asam folat untuk sedikit meningkatkan kesempatan Anda memiliki anak kembar.

4. Tetap menyusui saat Anda sedang mencoba untuk hamil anak berikutnya. Ibu menyusui hamil kembar di tingkat lebih besar dari ibu yang memiliki anak-anak disapih mereka sebelumnya.

5. Ketahuilah bahwa wanita yang lebih tua dan wanita yang sedikit kelebihan berat badan juga memiliki kesempatan lebih besar untuk hamil kembar.

6. Sadarilah bahwa, secara keseluruhan, hamil kembar sebagian besar masalah keberuntungan.

Pendapat bahwa saudar kembar itu memiliki sifat dan kebiasaan yang sama persis, atau juga punya rasa keterikatan yang dekat, dapat dijelaskan sebagai berikut : bahwa sifat dan kebiasaan itu lebih didasari oleh faktor lingkungan, dan seosial, artinya bisa saja setiap kembar yang mendapat pendidikan, dan proses kehidupan yang berlainan, akan menghasilkan juga sifat yang berbeda.

Kembali ke kembar manusia, di Indonesia, terdapat perkumpulan orang-orang kembar lho. Didirikan oleh dr. Seto Mulyadi atau yang kita kenal sebagai “kak Seto”, yang kebetulan beliau juga memiliki saudara kembar bernama Kak Kresna. Perkumpulan ini bernama YAYASAN NAKULASADEWA, yaitu nama tokoh pewayangan sebagai bungsu dari pendawa lima. Yang menarik Yayasan yang didirikan pada tanggal 22 Februari 1984 identik dengan angka 2, yaitu tanggal berdiri 22 Februari (bulan 2), tahun 1984 jika dijumlahkan 1+9+8+4 = 22, Yayasan ini berkantor di jalan Patiunus no 22 Jakarta,dan didirikan pada pukul 22.22 WIB.

Source: http://id.wikipedia.org/wiki/Kembar, http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=248&Itemid=1, http://de-kill.blogspot.com/2010/05/cara-membuat-anak-kembar.html

 


Iklan

Satu Tanggapan

  1. betapa kuasanya allah
    tiada yg ta’ mungkin baginya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: