Cara Mencegah dan Mengatasi Ketombe Pada Rambut

Rambut yang berketombe tentunya cukup meresahkan, apalagi jika ingin tampil di sebuah acara besar dengan baju hitam sebagai syaratnya..pastinya ga pede banget. Sebenarnya pada kulit kepala yang sehat, lapisan tanduk (stratum korneum) secara berkesinambungan berganti dari dalam dan mengelupas pada permukaan, yang secara mikroskopik berupa sisik-sisik halus.

Pada gangguan ketombe, proses keratinisasi terjadi dengan laju yang lebih cepat (abnormal), sisik-sisik (keratin) tersebut melebar dan berlapis membentuk serpihan-serpihan putih atau bening, disertai bercak-bercak putih dalam ukuran yang beragam serta mengelupas bila digaruk dan sangat mudah terlihat.

Penyebab Ketombe

  1. Kontak mekanik / kimia seperti penyisiran yang tidak tepat, hairdryer maupun hairspray berlebihan, lotion beralkohol tinggi, cat rambut yang tidak cocok, dll.
  2. Pemakaian helm, topi atau kerudung dalam tempo yang lama.
  3. Gejolak emosi yang tidak terkontrol, jarang keramas atau kurang teliti membilas.
  4. Kekurangan nutrisi tertentu.
  5. Jamur
  6. Penyakit kulit kepala lain contoh Dermatitis Seboroik
  7. Psoriasis, Penyakit kulit ini menyebabkan penumpukan sel kulit mati yang membentuk lapisan tebal seperti perak. Psoriasis biasanya terjadi di lutut dan siku namun dapat juga mempengaruhi kulit kepala.
  8. Eksim, Eksim pada kulit kepala memungkinkan timbulnya ketombe.

Ketombe dapat dialami oleh siapa pun. Tetapi ada beberapa faktor yang membuat seseorang dapat mengalamiketombe dibandingkan orang lainnya, yakni:

  • UsiaKetombe umumnya mulai dialami oleh orang dewasa muda dan berlanjut sampai usia pertengahan. Namun tidak tertutup kemungkinan mereka yang lebih tua tidak berketombe karena bagi sebagian orang, ketombe dapat menjadi masalah yang membandel.
  • Pria, Pria lebih banyak berketombe. Para ahli berpikir ini ada hubungannya dengan hormon pria yang turut andil dalam timbulnya ketombe. Pria juga diketahui memiliki kelenjar produksi minyak yang lebih besar di kulit kepalanya yang dapat berperan dalam menimbulkan ketombe.
  • Kulit kepala dan rambut berminyak, Jamur malassezia hidup dengan mendapat makanan dari minyak di kulit kepala. Sehingga mereka yang memiliki kulit kepala dan rambut terlalu berminyak akan lebih cenderung berketombe.
  • Pola makan, Pola makan yang kurang asupan zat besi (zink) dan vitamin B dapat membuat Anda kemungkinan berketombe.
  • Penyakit tertentu, Memang masih belum jelas bahwa orang dewasa dengan penyakit neurologis seperti Parkinson lebih mungkin mengalami seborrheic dermatitis dan ketombe. Demikian juga dengan mereka yang mengalami stres dan masalah imunitas tubuh.

Jika rambut Anda sudah berketombe jangan putus asa, ada baiknya Anda menyimak tip sederhana berikut untuk mengatasinya, seperti dilansir dari Times of India, Senin (6/12/2010).

1. Makan dengan benar

Anda mungkin diminta melakukannya untuk segala macam hal. Tapi sungguh, makan dengan benar merupakan syarat dasar untuk kesehatan yang baik secara keseluruhan. Perhatikan asupan seng, asam lemak omega-3, vitamin E dan B, serta menghindari ragi dan gula.

2. Meminyaki rambut

Meminyaki adalah langkah dasar rambut sehat. Nenek Anda mungkin benar untuk membiarkan minyak alami rambut tinggal untuk sementara akan menyebabkan rambut bebas ketombe. Biarkan sementara dan jangan langsung mencucinya jika terasa sedikit lepek.

3. Kurangi penggunaan kimiawi

Jika Anda cukup sering menata rambut secara berlebihan dengan hairspray atau gel, ini dapat membuat kulit kepala kering, gatal, dan mengelupas sehingga menjadi ketombe.

4. Cuci rambut dengan benar

Gunakan sampo antiketombe, tapi pastikan Anda tahu apa bahan aktifnya. Mencuci rambut dengan produk seperti jus lemon, baking soda, daun teh atau cuka sari apel juga dapat membantu, tetapi konsultasikan hal ini terlebih dahulu kepada dokter Anda.

Anda juga bisa mengobati rambut berkotembe dengan menggunakan ramuan herbal:

  • Dengan Menggunakan Jeruk Nipis

Siapkan 2 buah jeruk nipis, belah dua masing-masing jeruk. Kemudian gosokkan jeruk nipis tersebut kesemua permukaan kulit kapala anda secara merata sambil dipijat-pijat. Diamkan selama lebih kurang 30 menit, setelah itu bilas rambut anda hingga benar-benar bersih. Jika anda melakukannya secara rutin seminggu sekali, niscaya ketombe tidak akan betah di kulit kepala anda :-)

  • Dengan Menggunakan Buah Mengkudu

Haluskan 3 buah mengkudu dengan sedikit air, kemudian ambil sarinya dengan cara memeras adonan tersebut. Setelah itu gunakan sarinya untuk keramas, diamkan lebih kurang 10 menit. Cuci rambut anda menggunakan shampo dan bilas dengan air hingga benar-benar bersih. Bebaskan kilit kepala anda dari ketombe dengan melakukan perwatan ini secara rutin seminngu sekali

Tips memilih sampo antiketombe

Sampo antiketombe dapat dikelompokkan menurut kandungannya:

  • Sampo zinc pyrithione, Mengandung zinc pyrithione yang merupakan agen antibakteri dan antijamur. Dapat mengurangi jamur di kulit kepala yang menyebabkan ketombe dan seborrheic dermatitis.
  • Sampo berbahan dasat ter, Ter batubara yang merupakan hasil dari proses pabrikasi batubara dapat membantu mengatasi ketombe, seborrheic dermatitis, dan psoriasis dengan cara memperlambat kematian sel kulit dan pengelupasan kulit kepala.
  • Sampo yang mengandung asam salisilat, Sampo jenis ini membantu menghilangkan lapisan ketombe, namun dapat menyebabkan kulit kepala menjadi kering. Gunakan kondisioner setelah keramas untuk mengurangi rasa kering di kulit kepala.
  • Sampo selenium sulfide, Bekerja dengan memperlambat kematian sel kulit dan dapat mengurangi jamur malassezia. Sampo jenis ini dapat melunturkan rambut yang diwarnai, jadi pastikan untuk menggunakannya sesuai petunjuk dan bilas dengan baik setelah keramas.
  • Sampo ketoconazole, Ketoconazole merupakan agen antijamur berspektrum luas yang bisa jadi bekerja ketika sampo yang lain telah gagal.

Sedikit tips untuk menggunakan sampo antiketombe:

  • Gunakan salah satu sampo tersebut secara rutin setiap hari sampai ketombe dapat dikendalikan, kemudian menjadi 2-3 kali seminggu. Jika satu jenis sampo bekerja dalam satu waktu dan tampak mulai kehilangan efektivitasnya, cobalah untuk bergantian mencoba dua jenis sampo antiketombe. Pastikan untuk membiarkan sampo setidaknya 5 menit di kepala agar kandungan sampo dapat bekerja.
  • Jika selama beberapa minggu Anda telah mencoba sampo antiketombe namun ketombe masih saja membandel, Anda masih merasakan gatal di kulit kepala atau kulit kepala Anda menjadi merah dan bengkak, segera temui dokter ahli kulit. Dokter akan meresepkan sampo yang lebih kuat atau terapi dengan cairan steroid.

Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi resiko mengalami ketombe:

  • Kendalikan stres, Stres dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat membuat Anda mudah terkena penyakit. Stres juga dapat memicu terjadinya ketombe atau memperburuk ketombe yang telah ada.
  • Keramas secara teratur, Jika kulit kepala Anda cenderung berminyak, keramas secara teratur setiap hari dapat membantu mencegah ketombe.
  • Kurangi produk perawatan rambut, Hair sprays, styling gels, mousses dan hair waxes dapat membuat kulit kepala Anda berminyak.
  • Makan sehat, Cukuplah mengkonsumsi zat besi (zink) dan vitamin B untuk membantu mencegah ketombe.
  • Sedikit sinar matahari, Sinar matahari baik untuk mengatasi ketombe. Tetapi ingatlah bahwa paparan ultraviolet dapat merusak kulit dan meningkatkan resiko kanker kulit sehingga sebaiknya jangan berjemur diri. Luangkan waktu sebentar untuk keluar. Jangan lupa gunakan tabir surya.

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/health/2084856-cara-mencegah-dan-mengatasi-ketombe/

http://www.adipedia.com/cara-mencegah-dan-mengatasi-ketombe-pada-rambut/


Iklan

Satu Tanggapan

  1. kalo cara memanjangkan rambut dengan cepat ada nggak?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: