WikiLeaks: Pemerintah China Minta Hacker Serang Google

WikiLeaks: Pemerintah China Minta Hacker Serang GoogleTRIBUNNEWS.COM, BEIJING –Sejumlah informan penting Amerika Serikat (AS) memberikan bocoran jika sejumlah petinggi penting China meminta agar hackermenyerang perusahaan Google. Demikian dilansir AP, Senin (6/12/2010).

Pemimpin sebuah lembaga tinggi bernama Li Changchun dan kepala keamanan Zhou Yongkang di Politburo Standing Committee, sebuah komite tinggi Partai Komunitas China, meminta dilakukan hackingke Google.

Hal ini terjadi setelah sejumlah hasil pencarian mesin pencari raksasa itu dianggap membahayakan posisi mereka berdua. Satu memo dikirim oleh Kedutaan Besar (Kedubes) AS di Beijing ke Washington dengan mengatakan seorang informan yang dipercaya mengatakan pemerintah China melakukan serangkaian serangan akhir tahun lalu ke Google di bawah perintah Politburo Standing Committee, sebuah komite tinggi Partai Komunitas China.

Hal rinci mengenai memo yang juga dikenal dengan sebutan percakapan diplomatik dalam bentuk kabel tak bisa diverifikasi kebenarannya. Namun, pemerintah China menolak memberikan komentar mengenai itu. Tetapi, jika hal itu benar maka maka kabel ini menunjukkan tekanan politik yang harus dihadapi Google ketika memutuskan menutup perusahaan mereka di China pada Maret lalu.

Kabel yang berisi serangan yang dilakukan terhadap Googledan dikategorikan sebagai rahasia oleh Kepala Misi Deputi Robert Goldberg dirilis WikiLeaks. Dalam kabel itu jika dikatakan tidak jelas apakah Presiden China Hu Jintao dan Perdana Menteri Wen Jiabao tahu soal serangan itu sebelum Google muncul dan mengatakan mengenai serangan itu, Januari lalu.

 

Sumber: http://id.shvoong.com/society-and-news/opinion/2083207-wikileaks-pemerintah-china-minta-hacker/

http://www.tribunnews.com/2010/12/06/wikileaks-pemerintah-china-minta-hacker-serang-google

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: