10 Langkah Mengembangkan Jaringan Sosial

Jakarta – Dalam dunia pekerjaan, jaringan sosial merupakan salah satu komponen yang penting. Bahkan jaringan sosial dapat menentukan kesuksesan karir.

Lantas bagaimana caranya agar Anda dapat sukses dalam membangun jaringan kerja? Ikuti 10 langkah berikut ini, seperti dikutip dari specht.

1. Bergabung ke social network online
Langkah awal yang dapat Anda lakukan adalah membuat Facebook, LinkMe, MySpace, Twitter dan jejaringan sosial lainnya yang memungkinkan Anda untuk bertemu dengan rekan baru dan berkomunikasi efektif dengan mereka.

2. Rajin menghadiri gathering perusahaan
Bila Anda rajin menghadiri acara gathering perusahaan, kemungkinan besar Anda akan bertemu rekan baru yang memiliki satu profesi. Ini merupakan hal yang positif dalam membangun jaringan kerja bila Anda dapat menjalankan komunikasi yang baik terhadap rekan baru.

3. Dapatkan kartu nama rekan Anda
ketika Anda ingin membangun jaringan kerja dan telah menemukan beberapa rekan baru, pastikan Anda mendapatkan kartu namanya. Dengan cara seperti itu, Anda dapat mengetahui pekerjaannya dan dapat menghubunginya bila diperlukan.

4. Target: memiliki 5 rekan baru
Sebaiknya Anda jangan hanya bergaul dengan orang yang sama setiap harinya. Setiap kali Anda pergi ke jamuan sosial, targetkan diri Anda untuk untuk mengenal lima rekan baru.

5. Bangunlah relasi dan jaringan sosial saat sedang menjalani karir

Bangun relasi dan jaringan sosial saat Anda sedang menjalani karir. Hal ini akan lebih dihargai oleh orang lain. Anda bisa mulai membangun relasi dan jaringan kerja melalui berbagai media.

6. Tentukan pilihan kelompok dan jaringan sosial

Banyak pilihan kelompok relasi dan jaringan sosial yang bisa menjadi target Anda. Mulai dari kelompok profesi, bidang usaha, kelas ekonomi, berdasarkan wilayah, level manajemen dan lainnya. Jika Anda ingin lebih terarah, maka tentukan pilihan dan orientasi Anda dalam membangun relasi dan jaringan sosial.

7. Berpenampilan menarik
Siapkan diri Anda dengan penampilan yang menarik, keterampilan berkomunikasi dan wawasan yang memadai. Berusahalah untuk mendengar, hindari untuk selalu mendominasi pembicaraan. Yang Anda perlukan adalah memperkenalkan diri Anda secara proporsional dan mendapatkan informasi atau kesempatan apa saja yang dibutuhkan.

8. Hindari terlalu agresif
Informasi dan kesempatan yang Anda tunggu bisa datang dari siapa saja. Jadi tidak perlu untuk terlalu intensif dengan satu orang.

9. Jujur
Berusahalah untuk selalu jujur, karena dengan jujur Anda sudah berusaha menghindari dari persoalan yang tidak perlu dan Anda akan merasa nyaman sehingga bisa membuat Anda lebih percaya diri.

10. Bangunlah jaringan global
Ketika karir Anda sedang bertumbuh naik, kemungkinan Anda akan bertemu rekan baru di berbagai negara. Jangan menutup diri dengan hal tersebut, semakin jauh jaringan kerja Anda maka kemungkinan karir Anda pun semakin sukses.

 

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/communication-media-studies/2083317-10-langkah-mengembangkan-jaringan-sosial/

http://www.wolipop.com/read/2010/12/06/112401/1509755/857/10-langkah-mengembangkan-jaringan-sosial?w992201835

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: