Pentingnya Makanan Ringan Untuk Si Kecil

Jakarta – Dalam masa pertumbuhannya, si kecil sangat membutuhkan banyak kalori tambahan. Tidak hanya dari menu makanan utama saja, makanan ringan pun bisa menjadi sumber energi yang baik untuk anak.
Anak-anak tumbuh dengan cepat, mereka memerlukan energi tambahan dari makanan-makanan ringan. Tetapi apa jenis, waktu dan berapa banyak makanan ringan yang tepat untuk dikonsumsi si kecil?

“Berapa banyak tergantung pada usia dan tingkat aktivitas fisiknya,” kata Samantha Heller, MS, RD, ahli gizi klinis di University Langone Medical Center’s Outpatient Cardiac Rehabilitation & Prevention Nutrition program, New York.

Seperti yang dikutip dari everydayhealth, menurut American Academy of Pediatrics, umumnya tiga kali sehari dan sampai tiga makanan ringan yang sehat setiap hari akan memungkinkan anak-anak terpenuhi kebutuhan gizi. Waktu yang tepat untuk memberikan snack, setidaknya dua jam sebelum waktu makan.

“Beri potongan keju rendah lemak atau apel dengan selai kacang. Anda juga bisa membuat muffin berbentuk mini dari wortel atau potongan buah”, ujar Heller. Anda bisa menanyakan makanan ringan apa yang si kecil inginkan, jangan lupa untuk selalu memberikan snack yang rendah lemak dan bergizi tinggi. Satu hal yang terpenting, buatlah waktu ‘snack’ ini menyenangkan untuknya.

Jangan melarang si kecil untuk memakan makanan apa yang ia inginkan. Daripada melarang, lebih baik mengarahkannya. Jelaskan bahwa makanan ringan cepat saji dan terlalu manis itu dapat merusak kesehatannya.

“Beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa orang tua yang terlalu banyak melarang anaknya, malah akan membuat anaknya lebih banyak mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Secara umum, mengonsumsi junkfood tidak masalah namun hanya sesekali saja”, ujar Heller lagi.

 

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: