Apa itu Blu-ray Disc (BD) ?

Blu-ray Disc (BD), kadang-kadang disebut “Blu-ray,” adalah sebuah media penyimpanan cakram optik yang dirancang untuk menggantikan format DVD standar. Kegunaan utamanya adalah untuk menyimpan video definisi tinggi, PlayStation 3 video game, dan data lain, dengan sampai 25 GB per tunggal berlapis-lapis, dan 50 GB per disc berlapis ganda. Cakram memiliki dimensi fisik yang sama sebagai standar DVD dan CD.

Nama Blu-ray diambil dari laser biru-ungu yang digunakan untuk membaca disk. Sementara standar DVD menggunakan laser merah 650 nanometer, Blu-ray menggunakan panjang gelombang yang lebih pendek, yang 405 nm laser biru-violet, dan memungkinkan selama hampir enam kali lebih banyak data penyimpanan dari sebuah DVD.

Selama perang format high-definition yang lebih dari cakram optik, Blu-ray bersaing dengan format HD DVD. Toshiba, perusahaan utama yang mendukung HD DVD, diserahkan pada bulan Februari 2008, dan perang format berakhir pada bulan Juli 2009, Toshiba mengumumkan rencana untuk memadamkan sendiri Blu-ray Disc perangkat dengan akhir 2009.

https://i1.wp.com/www.hitechsphere.com/wp-content/uploads/2010/04/Blu-Ray-Disc-Drive.jpg

https://i2.wp.com/www.videogame911.com/wp-content/uploads/2009/07/blu-ray-6.gif

Blu-ray dikembangkan oleh Blu-ray Disc Association, yang mewakili kelompok pembuat elektronik, perangkat keras komputer, dan film. Sampai Juni 2009, lebih dari 1.500 cakram Blu-ray judul yang tersedia di Australia, dengan 2.500 di Jepang, 1.500 di Kerajaan Inggris, dan 2.500 di Amerika Serikat dan Kanada.

Sumber: http://www.adipedia.com/apa-itu-blu-ray-disc-bd/


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: