10 Aturan Diet Yang Tidak Boleh Dilanggar

Jakarta – Dalam menjalankan diet, ada peraturan yang harus dipatuhi. Sebagian dari peraturan tersebut ada yang boleh dilanggar, ada pula yang tidak.
Melanggar peraturan yang tidak boleh dilanggar sama dengan menyerah dari program diet Anda. Berikut ini peraturan-peraturan yang tidak boleh dilanggar dalam program diet, seperti yang dikutip dari sofeminine.

1. Buat target yang masuk akal
Kesalahan terbesar orang dalam menurunkan berat badan adalah memasang target yang terlalu tinggi. Hal ini membuat Anda mudah menyerah karena tidak bisa menahan godaan dari makanan yang lezat dan penuh kalori.

2. Pahami Motivasi
Jangan melakukan diet untuk orang lain. Tidak ada gunanya untuk menurunkan berat badan jika Anda sudah merasa nyaman dengan tubuh saat ini dan berat badan Anda tidak memberikan mengganggu kesehatan.

3. Pilih momen yang tepat
Tidak ada orang yang akan sukses berdiet secara tiba-tiba. Siapkan mental sebelum Anda berdiet. Berilah tubuh waktu untuk menikmati makanan-makanan yang menggoda. Hindari diet saat Anda sedang ingin berlibur, pergi ke pesta atau sedang melalui masa-masa sulit yang menyebabkan stres dan depresi.

4. Ketahui kekurangan
Mencari tahu kekurangan yang dimiliki untuk menurunkan berat badan adalah cara yang baik menacari solusi. Diet sama seperti hal lain di dalam hidup, Anda perlu mencari akar masalah sehingga Anda bisa menyelesaikan masalah tersebut.

5. Temukan metode yang cocok
Carilah metode yang paling cocok dengan Anda. Ada berbagai jenis metode diet yang bisa diterapkan dan keberhasilannya tergantung pada kepribadian masing-masing individu.

6. Tetap dijalurnya
Sekali Anda membuat peraturan diet sendiri, jangan pernah melanggarnya. Sekali Anda melewati batas, maka akan sulit untuk kembali kejalur yang Anda buat sendiri.

7. Stabilkan berat badan
Anda mungkin sudah berhasil menurunkan berat badan sesuai target. Pada fase ini Anda tinggal menjaga berat badan agar tidak kembali bertambah. Perlu diketahui untuk menurunkan berat badan, energi yang masuk ke dalam tubuh harus lebih sedikit dengan energi yang dikeluarkan, sedangkan untuk menstabilkan berat badan, energi yang masuk dan keluar harus sama besarnya. Dengan latihan, Anda akan mengetahui berapa banyak kalori yang dikonsumsi untuk menstabilak berat badan sesuai aktivitas sehari-hari.

8. Ubah kebiasan
Jika Anda tidak ingin kembali kemasa-masa suram disaat berat badan menjadi kekurangan Anda, maka tinggalkan kebiasaan lama yang buruk. Pastikan Anda tidak melupakan makan besar, makan terlalu cepat, melupakan olahraga dan lain sebagainya.

9. Pantau berat badan
Untuk menjaga berat badan tetap stabil, Anda perlu memantaunya secara rutin. Tidak perlu untuk menimbang berat badan setiap hari, karena hal ini hanya akan membuat Anda paranoid setiap harinya. Cukup lakukan seminggu sekali, setelah bangun tidur dengan pakaian yang ringan. Jika Anda mendapati berat badan meningkat, kurangilah konsumsi lemak dan gula selama beberapa hari dan berolahragalah sedikit lebih keras.

10. Bergerak

Ingin diet lebih cepat berhasil? Maka berolahragalah. Jika Anda memang memiliki sedikit waktu untuk berolahraga, maka perbanyaklah bergerak. Anda bisa melakukannya dengan memperbanyak berjalan, memilih menuruni tangga dari pada menggunakan lift dan lain sebagainya.

 

Sumber: wolipop.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: