Penyebab Kulit Kering Menurut Dermatologi

Jakarta – Kulit kering merupakan masalah yang sering dialami oleh banyak orang. Khususnya saat udara dingin, kulit menjadi lebih kering.

Kulit pecah-pecah, merah, gatal dan iritasi merupakan kondisi yang menggambarkan masalah kulit kering. Dr Suzan Obagi, profesor dermatologi di University of Pittsburgh, akan membantu Anda untuk mengatahui penyebab utama kulit kering, seperti dikutip sheknows.

Udara kering
Suhu rendah dan banyak angin dapat memicu kekeringan kulit. Kulit membutuhkan setidaknya 60 persen kelembaban untuk tetap bisa menghidrasi kulit.

Air panas
Mandi dengan air panas juga dapat menghilangkan minyak alami kulit. Hal tersebut membuat kulit menjadi kering. Untuk menghindari kulit semakin kering, jangan mandi di air panas lebih dari 10 menit. Setelah mandi dengan air hangat, segera keringkan tubuh dengan handuk agar semua hawa panas dan sisa air panas di tubuh terserap.

Sabun
Banyak sabun yang mengandung formula deterjen yang keras. Formula tersebut dirancang untuk menghilangkan kotoran di kulit. Sayangnya, minyak alami kulit juga bisa ikut terangkat oleh sabun.

Dr Obagi menyarankan, hanya menyabuni tubuh pada daerah-daerah tertentu saja, seperti pangkal paha, ketiak dan tengkuk. Menurut dr Obagi bagian lain tidak perlu disabuni.

“Air sudah cukup untuk membersihkan kulit lengan dan kaki agar kulit terhindar dari pengeringan yang disebabkan oleh sabun,” jelas dr Obagi.

Baju
Pakaian terlalu ketat juga dapat menyebabkan masalah kulit. Kulit dapat teriritasi jika materi kain terus menggosok  kulit yang sudah terlanjur kering. Saat kondisi kulit sangat kering, dr Obagi menyarankan untuk menggunakan pakaian yang sedikit longgar.

Kondisi medis
Kondisi medis juga dapat menyebabkan kulit kering. Seperti perubahan hormon atau masalah kulit seperti eksim.

Obat-obatan

Banyak obat-obatan yang berpengaruh terhadap kekeringan kulit. Biasanya kondisi kulit akan kembali normal jika telah berhenti menggunakan obat-obatan tersebut

Jika telah mengetahui penyebab kekeringan kulit akan lebih mudah untuk mengatasinya. Dr Obagi juga menyarankan untuk selalu menggunakan moisturizer atau pelembab setiap harinya.

Jangan hanya gunakan pelembab saat kulit terasa kering, tapi teruslah menggunakan moisturizer setiap kali. Moisturizer akan lebih bekerja bila kondisi kulit selalu lembab. Aplikasikan pelembab saat kulit sedikit basah, kondisi kulit yang lembab akan mengunci moisturizer di dalam tubuh sehingga kulit terus terhidrasi.

 

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: