Kiat Belanja Taktis

Saat harga barang melonjak-lonjak, tapi pendapatannya tetap, penghasilan tidak lagi cukup untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Untuk menyiasatinya cobalah kiat berikut ini:

  • Jangan hiraukan iklan, kecuali bila iklan itu berisi informasi yang berguna, misalnya kandungan bahan dan harga. Tetaplah berpatokan pada harga dan kualitas yang telah kita tentukan.
  • Konsep mempertimbangkan opportunity cost bisa diterapkan dalam manajemen keuangan pribadi. Dengan menyusun anggaran belanja, faktor opportunity cost ini mau tak mau kita perhitungkan. Cara paling sederhana adalah dengan membuat dua lajur, lajur pertama: penghasilan dan simpanan, dan lajur kedua: pengeluaran. Kurangkan lajur kedua dengan lajur pertama. Bandingkan hasilnya dengan aset awal. Bila nilai asetnya tetap, bahkan cenderung menyusut, amati tiap pos pengeluaran; bila mungkin lakukan pemangkasan pos yang tak perlu.
  • Belanjalah sesuai kebutuhan, jangan berlebihan. Jangan membeli lebih dari yang kita butuhkan meski harganya sedikit lebih murah. Ingat, umumnya orang cenderung boros bila memiliki banyak persediaan di rumah.
  • Saat menyusun anggaran belanja, susun pula daftar barang yang dibutuhkan setiap bulan. Perhatikan bahwa barang yang akan dibeli benar-benar yang dibutuhkan, tentukan juga merek, mutu, dan harganya. Jadikan daftar itu acuan saat berbelanja.
  • Dalam berbelanja, kurangi pemakaian kartu kredit dan lebih mengutamakan uang tunai. Usahakan tidak menggunakan kartu kredit kecuali terpaksa, serta dalam jumlah yang terjangkau. Menurut ahli manajemen keuangan, belanja maksimal dengan kartu kredit setiap bulan hanya 30% dari penghasilan. Selebihnya, pasti kesulitan untuk melunasi tagihan. Cara termudah untuk mengatasinya, kunci kartu kredit di laci lemari atau masukkan ke kompartemen dompet paling dalam. Sebenarnya, tidak sulit hidup tanpa kartu kredit.
  • Melakukan penghematan di sana-sini.
  • Belajarlah merawat sendiri barang-barang Anda. Seperti mengganti sendiri oli mobil dan saringannya.

 

Sumber:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: