Hot!! Situs Penyebar Berita HOAX!! Dari Sinilah Bermula Penyebaran Berita Hoax Di Internet

Masih ingatkah anda kabar tentang Justin Bieber yang katanya sesungguhnya ia adalah seorang pria berusia 51 tahun yang mengidap Paedophilia dan menyamar sebagai seorang remaja berusia 16 tahun? atau masih ingatkah anda sebuah kabar yang menerangkan bahwa Megan Fox dulunya adalah seorang pria bernama Mitchell Fox? Serta masih banyak berita heboh lainnya yang sempat menggegerkan dunia maya beberapa waktu lalu bahkan beberapa waktu yang akan datang.

Contoh lain berita yang cukup membuat heboh dan bahkan juga sempat dikutip oleh situs berita ternama di Indonesia adalah kabar mengenai China yang berniat meledakkan bulan dengan nuklir supaya mereka bisa mengendalikan cuaca di seluruh dunia.

Berikut ini preview-nya :

Hot!! Situs Penyebar Berita HOAX!! Dari Sinilah Bermula Penyebaran Berita Hoax Di Internet

Sumber berita dari sini :

Hot!! Situs Penyebar Berita HOAX!! Dari Sinilah Bermula Penyebaran Berita Hoax Di Internet

Taukah anda bahwa berita-berita yang saya sebutkan di atas serta beberapa contoh berita yang belum saya sebutkan di sini tidak lebih merupakan berita hoax yang tidak dapat dipercaya?
Berita hoax adalah sebutan untuk berita yang tidak dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya dan lebih condong kepada berita omong kosong yang diterbitkan semata-mata untuk mencari sensasi saja.

Lalu siapakah yang bertanggung jawab di balik peredaran berita-berita macam ini hingga menghebohkan jagat maya dunia?

Menurut sumber yang saya baca, dari xfile-enigma.blogspot.com, di balik peredaran berita-berita hoax yang cukup meyakinkan di dunia maya, terdapat dua situs atau tokoh utama yang bertanggung jawab, sebenaranya kedua biang kerok penyebaran berita hoax ini tidak melakukan pelanggaran hukum atas berita yang mereka terbitkan, kenapa? karena memang situs mereka adalah situs yang berisi berita-berita parodi yang dibuat untuk lucu-lucuan saja, mengenai kemudian berita itu menyebar dan menjadi heboh di kalangan masyarakat merupakan tanggung jawab pihak-pihak yang mengutip berita secara mentah-mentah dari dua situs tersebut.

Situs Penyebar Berita Hoax

Telah saya singgung tadi soal situs penyebar atau lebih tepatnya bisa disebut situs yang bertanggung jawab atas persebaran sebagian berita hoax paling meyakinkan dan menghebohkan dunia, nah, berikut ini adalah dua situs yang bertanggung jawab atas penyebaran berita-berita hoax tersebut:

* The onion (theonion.com)
* Weekly World News (weeklyworldnews.com)

Beberapa contoh berita hoax karya The Onion

Beberapa contoh berita hoax dari situs parodi The Onion adalah mengenai penemuan mayat Michael Jackson yang telah berusia antara 18 sampai 20 tahun, Konspirasi Pendaratan di Bulan oleh Neil Armstrong, dan Justin Bieber dan Paedophilia.

Beberapa contoh berita hoax karya Weekly World News

Beberapa contoh berita hoax dari situs parodi The Onion adalah, Andrew Carlssin – Time Traveler dari tahun 2256, Bayi Naga dalam Toples, Penemuan Patung Malaikat Berusia 200.000 Tahun di Bulan, Penemuan Janin Bayi Berusia 200.000 Tahun Di Bulan, Megan Fox Seorang Laki-laki, dan Cina Akan Meledakkan Bulan.

Untuk cerita selengkapnya, silakan anda kunjungi situs xfile-enigma.blogspot.com

Nah, setelah mengetahui beberapa berita yang sempat menghebohkan dunia maya beberapa waktu lalu tidak lebih merupakan berita hoax, lalu apakah anda pernah menjadi salah satu korban dengan turut menyebarkan berita hoax tersebut melalui blog anda atau sekedar turut menyebarkan dari mulut ke mulut mengenai berita-berita hoax tersebut? :D

Jika berkenan, vote artikel ini di lintas berita, klik di sini atau langsung di sini supaya lebih banyak yang tau dan membaca sehingga kita jadi lebih waspada dan tidak turut tertipu.

sumber : http://pojokseo.web.id/hot-dari-sinilah-bermula-penyebaran-berita-hoax-di-internet/

 

Iklan

Satu Tanggapan

  1. hmmm…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: