7 Cara Agar Si Kecil Berhenti Mengompol

Jakarta – Si kecil mengompol adalah hal yang biasa. Namun jika kebiasaan ini tidak dapat berhenti juga, ada beberapa strategi yang harus Anda lakukan.
Seperti yang dikutip dari everydayhealth, mengompol adalah hal yang umum. Jangan sampai Anda memarahinya hanya kerena kebiasaan ini. Selain itu, jangan biarkan anggota keluarga lainnya mengejek atau mengolok si kecil, hal ini bisa membuat anak menjadi kurang percaya diri.

Sebelum mengetahui tindakan apa yang harus Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan si kecil ini. Ada baiknya, membaca artikel sebelumnyamengenai penyebab anak mengompol.

Setelah mengetahui beberapa faktor penyebabnya, barulah Anda mencari cara untuk membantunya mengurangi kebiasaan tersebut. Sampai sang anak dapat berhenti mengompol sepenuhnya, hal-hal berikut dapat Anda lakukan.

1. Minta anak untuk mempersiapkan tempat tidurnya sebelum ia akan tidur. Jangan lupa meletakkan alas tahan air di antara kasur dan sprei.

2. Jangan biarkan si kecil minum terlalu banyak setelah makan malam.

3. Ajarkan dan biasakan si kecil untuk pergi ke toilet sebelum tidur.

4. Biasakan si kecil bangun setiap dua hingga tiga jam sekali untuk membiasakan si kecil bangun saat ingin pipis. Gunakan bantuan alarm atau Anda bisa membangunkannya.

5. Ajarkan si kecil untuk mengontrol otot kandung kemihnya. Sebagai contoh, ajarkan ia menahan pipisnya beberapa menit lalu tingkatkan waktunya secara bertahap. Latihan ini dapat meningkatkan kapasitas kandung kemihnya dan menguatkan otot yang menahan pipis.

6. Ajak anak Anda ikut membereskan sprei dan kain lainnya yang basah karena kebiasaan mengompolnya itu.

7. Jika ia berhasil tidak mengompol, jangan lupa untuk memberikannya pujian.

 

Sumber: wolipop.com

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: