Meski Dipenjara Koruptor Ramai-ramai Berkurban

Terpidana kasus suap dana YPPI Bank Indonesia yang juga mantan anggota DPR RI Hamka Yamdu

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Meski berada di balik jeruji besi, sejumlah napi kasus korupsi di Rutan Salemba beramai-ramai ikut berkurban sapi dan kambing di Hari Raya Idul Adha 1431 Hijriah ini.
Sejumlah napi kasus korupsi yang ikut menyumbang hewan kurban, yakni mantan anggota DPR Hamka Yandhu, Azwar Chesputra, Hilman Indra dan Fahri Andi Leluasa, serta Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin, yang masih berstatus tersangka. “Total ada 5 sapi dan 8 kambing. Saya kurban sapi satu ekor. Yang lainnya dari teman-teman mantan anggota DPR juga, sama Pak Gubernur Sumatera Utara juga kurban sapi,” kata Hamka Yandhu kepada Tribunnews.com, Rabu (17/11/2010).

Bahkan, Hamka dan Syamsul berkurban masing-masing dua ekor sapi, yakni satu ekor untuk di rutan dan satu ekor lagi disumbangakan di daerah asalnya masing-masing. “Kalau saya sudah rutin setiap tahun juga kurban untuk masjid dekat rumah di Bone (Sulawesi Utara),” ujar Hamka.

Pemotongan hewan kurban dilaksanakan seusai 3000 warga binaan menunaikan shalat Idul Adha di Rutan Salemba. Bersama jajaran petugas rutan, napi kasus korupsi ini berbaur menyaksikan hewan tersebut dipotong dan dibagikan. “Tadi saya, Pak Syamsul, Kepala Rutan dan warga binaan lainnya shalat di lapangan,” ujarnya.

Bagi terpidana kasus korupsi cek pelawat (travellers cheque) dan aliran dana YPPI ini, yang pernah naik haji sebanyak enam kali dan umroh lebih dari 10 kali ini, makna berkurban di dalam rutan yakni coba berbagi dengan napi lain yang senasib dan sepenanggungan. “Berkurban ini kita ikuti jejak Nabi Ibrahim. Kami ingin berbagi dengan warga binaan yang lainnya di sini. Kita ingin menyisihkan rezeki kita,” ucap Hamka.

Hamka mengaku tak merasa bersedih meski belum bisa berkumpul bersama keluarga, sebab ini adalah kali ketiga dia melewati Hari Raya Idul Adha di balik jeruji besi. “Bagi saya sama saja di dalam atau bersama keluarga. Di sini juga kita berbagi kebahagiaan dengan warga binaan lain. Yah kita jalani saja hidup ini. Ini bagian dari pengorbanan,” ujarnya.

 

Sumber:

Iklan

Satu Tanggapan

  1. semoga para koruptor iklas dalam berkurban tidak hanya sekedar pamer kekayaan saja.
    Salam kenal

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: