Kecanduan Internet Renggangkan Komunikasi Dalam Keluarga

Dok. Thinkstock

Jakarta – Kemajuan teknologi saat ini membuat orang sulit lepas dari internet. Ada begitu banyak dampak positif yang bisa diambil dari internet, namun ada pula dampak negatifnya.
Mudahnya akses anak-anak untuk browsing ke situs dewasa merupakan salah satu dampak negatif internet. Yang lebih buruk lagi, internet bisa merusak hubungan Anda dengan keluarga, seperti yang diungkapkan sebuah studi.

Studi tersebut dilakukan dengan cara mensurvei pengguna internet secara berkala. Pada tahun 2006, sebanyak 11 persen peserta survei mengaku lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer ketimbang dengan keluarganya. Pada tahun 2008, jumlah tersebut meningkat menjadi 28 persen.

Michael Gilbert, salah satu peneliti dari Universitas California Selatan, Amerika Serikat, mengatakan hubungan sosial tiap-tiap keluarga kini mulai dibatasi oleh kegiatan berinternet.

Browsing, surfing atau sekedar bermain dalam situs jejaring sosial membuat seseorang merasa tengah berkomunikasi dengan orang lain. Sayangnya, mereka melupakan komunikasi dengan orang sekitar di dunia nyata. Hal ini terbukti dari hasil survei yang mengatakan sebanyak 49 persen peserta survei wanita mengaku merasa diabaikan oleh pasangan mereka yang sibuk internetan.

Yang lebih mengkhawatirkan lagi, remaja dan anak-anak yang berusia di bawah 18 tahun justru adalah orang-orang yang paling banyak menghabiskan waktunya di depan komputer. Padahal pada umur-umur tersebut, bersosialisasi merupakan hal yang sangat penting karena dapat ikut membangun mental serta karakter mereka.

 

Sumber: http://www.wolipop.com/read/2010/11/17/115648/1496104/857/kecanduan-internet-renggangkan-komunikasi-dalam-keluarga?w992201835

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: