Bekerja Secara Efisien

Efisiensi dalam bekerja memang tidak hanya akan berdampak pada cepat terselesaikannya semua pekerjaan, tapi juga bisa berdampak pada performa diri, karena akan membuat diri kita menjadi disiplin terhadap penyelesaian pekerjaan dan menggugah rasa tanggung jawab terhadap tugas atau profesi yang diembankan perusahaan terhadap si karyawan.

Untuk lebih memacu diri kita bekerja dibawah kontrol yang baik sehingga bisa memanfaatkan waktu kerja sebaik mungkin, berikut tipsnya:

  • Buatlah perencanaan atau daftar pekerjaan yang akan dilakukan pada satu hari itu agar lebih terorganisir. Namun akan lebih baik, jika penjadwalan dilakukan satu hari sebelumnya, untuk memudahkan Anda membuat persiapan.
  • Awali hari Anda dengan mengecek email-email yang masuk pada hari itu, siapa tahu ada kabar gembira dari klien seputar proyek yang sedang Anda tangani, atau mungkin sekedar menghapus email-email yang tidak jelas.
  • Prioritaskan dateline pekerjaan yang sudah dirancang sebelumnya untuk diselesaikan pada hari itu. Dan fokuskan diri Anda pada pekerjaan tersebut, sebelum beralih ke pekerjaan selanjutnya.
  • Saat ada waktu senggang, tidak ada salahnya melakukan bersih-bersih ruang kerja Anda, dan membuang kertas-kertas atau file atau sudah tidak terpakai, agar ruangan kerja Anda tidak terlalu sumpek dengan tumpukan kertas yang tidak penting.
  • Jalinlah hubungan kerja yang baik rekan-rekan kerja Anda di kantor, dengan demikian, jika sewaktu saat Anda merasa dikejar banyak pekerjaan, mereka bisa membantu Anda dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.
  • Bekomunikasilah secara aktif dengan semua orang yang berhubungan dengan pekerjaan Anda, dan rencanakan semua proyek-proyek kerja baik, karena dengan begitu Anda akan lebih mudah dalam menyelesaikan pekerjaan Anda.
  • Bijaklah dalam menfaatkan waktu, seperti jika sudah waktu istirahat makan siang, sebaiknya tinggalkan sejenak pekerjaan Anda untuk sekedar mengisi perut dengan menu spesial dan berbicang-bincang dengan teman sejawat untuk melepas penat.
  • Satu jam sebelum pulang kantor, cek kembali semua pekerjaan atau jadwal Anda. Pasitkan semua pekerjaan yang harus diselesaikan pada hari itu semuanya sudah selesai, sehingga Anda tidak perlu lembur atau membawanya ke rumah.

Original Article


Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: