Cara Membuat Kimchi, Masakan Tradisional Korea

Kimchi adalah masakan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Setelah digarami dan dicuci, sayuran dicampur dengan bumbu yang dibuat dari udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah sawi putih dan lobak. Di zaman dulu, kimchi diucapkan sebagai chim-chae (Hangul: 침채; Hanja: 沈菜) yang berarti “sayuran yang direndam.”

Di Korea, kimchi selalu dihidangkan di waktu makan sebagai salah satu jenis banchan yang paling umum. Kimchi juga digunakan sebagai bumbu sewaktu memasak sup kimchi (kimchi jjigae), nasi goreng kimchi (kimchi bokkeumbap), dan berbagai masakan lain.

http://r3fin3.files.wordpress.com/2010/12/kimchi.jpg?w=500&h=375
Bahan-Bahan

  • 1 buah sawi putih
  • 1/2 buah bawang bombay, iris tipis
  • 1/4 btg wortel, iris tipis memanjang
  • 1/4 btg lobak putih, iris tipis
  • 4 btg daun bawang.
  • 2 sdm bawang putih, parut
  • 1 sdt jahe, parut
  • 1/2 gelas bubuk cabe Korea
  • 2 sdt garam
  • 1 sdm gula
  • 1/2 gelas garam kasar/garam laut
  • 1 gelas air cup water
  • 1/4 gelas saus ikan Korea
  • 1/3 gelas air
  • 1 sdm tepung

Cara Mengolah

Manfaat

Kimchi dibuat dari berbagai jenis sayuran sehingga mengandung kadar serat makanan yang tinggi, namun rendah kalori. Sebagian besar kimchi dibuat dari sayuran seperti bawang bombay, bawang putih, dan cabai yang baik untuk kesehatan. Kimchi kaya dengan vitamin A, thiamine (B1), riboflavin (B2), kalsium, zat besi, dan bakteri asam laktat yang baik untuk pencernaan. Pada tahun 2000, strain bakteri asam laktat (strain MT-1077T) penghasil bakteriosin yang diisolasi dari kimchi diberi nama Lactobacillus kimchi.

Kimchi disebut sebagai salah satu dari lima “makanan tersehat di dunia” menurut majalah Health Magazine. Kimchi kaya dengan vitamin, membantu pencernaan, dan kemungkinan dapat mencegah kanker. Sayuran yang sudah lama diketahui baik untuk kesehatan, apalagi ditambah kultur bakteri hidup pada kimchi yang lebih banyak dari yogurt. Pemakaian cabai merah dalam jumlah banyak pada kimchi juga sering disebut-sebut baik untuk kesehatan.

Sumber: http://id.shvoong.com/how-to/health/2083730-cara-membuat-kimchi-masakan-tradisional/

http://www.adipedia.com/cara-membuat-kimchi-masakan-tradisional-korea/

About these ads

25 Tanggapan

  1. makasih ya resepnya
    boleh dicoba neh:)

  2. Hai salam kenal,tukeran link yuk dan makasih resepnya yah ^_^

  3. Wah nie masakan enak nie,

  4. thx ya resepnya…. gi pengen makan khas tradisional korea neh…
    hahjahah

  5. bubuk cabe korea tuh dapetinnya dimana??

  6. yummi…nyam..nyam!!!!!!!!
    makanan iiyank pualing jadi favorit kalo guue ke korea>>>>.
    kalo udah di korea sama aja bohong kalo belum nyobain makanan khas korea selatan nueeh

  7. mkasaih resepnya . . :)
    susah kayaknya butuh waktu lama . . .
    tpi harus coba habis kayaknya enak tuuhhh…..

  8. makasih resep nya^^
    boleh tuh untuk dicoba :)
    gomawo chingu ggamshagamnida :)

  9. lumayan untuk di coba nie makasih

  10. enak engga ya buatan aq

  11. duuuh sedaapnya boleh di coba, karena aku banyak sekali sawi putih kadang suka pusing ngolahnnya harus gimana

  12. apa itu..( jahe, parut)

  13. thanks nice infoo :)

  14. Gamsahamnida buat resepny,kayakny enak ne!!!

  15. aku dah cba mantabb

  16. Kyax enak tuh,,aq dah lma pengen cb mkn kimchi slx aq rada2 vegetarian..tp bt dapetin saus ikan korea ma cabe bubuk korea tu dmn y?

  17. aduh ke tagihan eeuy , jadi pengen makan banyak” kayak’a enak banget deh ! >,< uuuh ,,,,,, menggiurkan ! hehe mmmmmmp.

  18. makasih utk blognya! :) I will make it with my mom. I will taste kimchi too, like my oppa, SHINee. ahahahaha. Justkidd :D
    Gamashamnida! ^,~

  19. pengen cepet nyobain bikinnya nixh

  20. Thanksya, btw. Bubuk cabe korea sama bubuk cabe biasa yang di kota Batam (Indonesia) sama nggak?

  21. pernah teman membuat kimchi menggunakan bubuk cabe kering indonesia yg pedas, salah satu teman asli orang korea komplen katanya kok kimchinya pedas?,
    bubuk cabe merah korea tidak pedas beda dengan cabe tropis indonesia. Apa benar begitu?

  22. pengen coba buat kimchi… buat seseorang yg que cinta mkci ya resepny

  23. emmm
    makacih yah ataz resep nya
    tadi ny q pnasaran banget sma yg nama ny kimchi tpi ckrng udh enggak deh
    kamsamidah”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: